Home » , , » Pengeritan Puasa Qadha

Pengeritan Puasa Qadha

pengertian-puasa-qadha
Puasa Qadha adalah puasa untuk menggantikan puasa Ramadhan yang kita tinggalkan karena suatu sebab syar'i. Puasa Qadha adalah puasa utang yang wajib dibayar. Seperti layaknya utang, jika sudah punya uang seyogyanya langsung dibayar tunai, jangan ditunda-tunda apalai sampai utang berikutnya. Manusia pun ketika diutangi kemudian belum dibayar sudah hutang lagi, pasti kesal juga bukan? Demikian Pula dengan puasa.

Jika kita meninggalkan puasa pada bulan Ramadhan dan menurut aturan harus diganti, berarti itu utang. Kita utang puasa kepada Allah dan pembayaran atau pelunasanya kepada Allah harus lebih baik dari pada utang kepada makhluk. Pada saat kita punyawaktu untuk mengerjakan puasa Qadha, kita harus melakukanny. Allah telah memberi waktu tenggang waktu sampai satu tahun bukan?

Dalam Hadist riwayat Muslim, Aisyah pernah mengqadha ketinggalan puasa pada bulan Sya'ban.
Tentang kewajiban mengganti hari-hari yang ditinggalkan dalam puasa Ramadhan Allah berfirman yang kurang lebih artinya sebagai berikut:
(Yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu dia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu), memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui (al-Baqarah 184)

Berdasarkan ayat diatas dijelaskan bahwa puasa qadha diberlakukan bagi mereka yang meninalkan puasa Ramadhan karena sakit, perjalanan,haid atau nifas, hamil dan menyusui. Tata cara puasa Qadha dapat dilakukan langsung atu terputus-putus sebanyak utang puasa yang harus di ganti.

Ibnu Umar yang meriwayatkansebuah hadist bahwa Rassulillahsaw, telah berpesan tentang mengqadha puasa Ramadhan.
"jika ia suka dilakukan secara terputus-putus dan jika tidak maka teru menerus" (HR ad-Daruquthni)
Demikian sedikit penjelasan dan ulasan tentang Pengertian Puasa Qadha. Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga keutamaan puasa senin kamis bagi seorang muslim.

0 komentar:

IKLAN DISINI