Doa berbuka Puasa Senin Kamis, Arab dan Artinya

Mungkin banyak diantara pembaca yang ingin mengetahui doa berbuka puasa senin kamis. Hal ini dikarenakan puasa sunah yang banyak keutamaan nya tersebut seringkali dilaksanakan oleh kaum muslim di seluruh dunia namun tidak banyak yang mengetahui lafadz doa berbuka puasa pada ibadah sunah ini. Adapun penjelasan mengenai doa tersebut dapat kita simak di bawah ini.

Puasa senin kamis merupakan salah satu puasa sunah yang dianjurkan untuk dilaksanakan secara rutin. Setelah kemarin kita membahas mengenai niat puasa senin kamis berikut ini akan kita bagikan bacaan doa saat berbuka puasa pada hari senin dan kami. Dalam buku tuntunan ibadah maupun kumpulan do’a biasanya do’a berbuka puasa pada hari senin dan kamis terangkum dalam do’a berbuka puasa dan do’a berbuka puasa lainnya. Adapun lafadz do’a tersebut adalah sebagai berikut:






Allahumma laka shumtu wa’ala rizkqika afthartu, dzahabazh zhoma-u wabtallatil ‘uruuqu watsabatal ajru insyaa Allah.
Artinya: Ya Allah hanya untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezki-Mu aku berbuka. Telah sirna dahaga, urat-urat telah basah dan pahala telah tetap insya Allah

Selain melafadzkan do’a berbuka puasa senin kamis tersebut secara lisan dan memaknainya di dalam hati kita juga telah dianjurkan untuk berdoa ketika berbuka puasa. Hal ini dianjurkan oleh Rasulullah SAW karena waktu berbuka puasa merupakan salah satu waktu dimana doa kita akan lebih mustajab. Bacaan doa tersebut bisa saja kita baca sesuai dengan bahasa yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh setelah seharian melaksanakan ibadah puasa dan memasuki waktu berbuka ada baiknya untuk menyegerakan membatalkan puasa yang diawali dengan do’a sebagaimana yang telah kita sampaikan di atas. Setelah selesai membatalkan puasa lebih utama lagi kita mengerjakan sholat maghrib terlebih dahulu sebelum menyantap makanan berat. Nah setalah salah dan selesai berwirid panjatkanlah doa sebagaimana keinginan / hajad yang kita miliki misalnya sebagai berikut:

“Ya Allah berikanlah kekuatan pada hamba untuk senantiasa melaksanakan ibadah puasa senin kamis sebagaimana yang telah hamba laksanakan pada hari ini, dan berikanlah hikmah serta manfaat yang nyata dari ibadah hamba tersebut baik di dunia maupun di akhirat kelak, amin”.

Begitulah sedikit adab berdoa seusai melaksanakan puasa senin kamis yang bisa kita praktekan bersama. Semoga dengan membiasakan puasa senin kamis kita akan lebih dekat dengan Allah SWT serta dijauhkan dari perbuatan keji dan munkar.

Demikian sedikit uraian mengenai bacaan doa berbuka puasa senin kamis semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

1 komentar:

IKLAN DISINI