Home » , , , , » Pengertian Puasa Senin Kamis dan Hikmahnya Bagi Seorang Muslim

Pengertian Puasa Senin Kamis dan Hikmahnya Bagi Seorang Muslim

pengertian puasa senin kamis dan himkahnya bagi umat muslim
Puasa sunah setiap hari senin dan kamis merupakan salah satu puasa sunah yang dianjurkan bagi tiap-tiap muslim yang mampu mengerjakannya. Untuk mengetahui dan memahami pengertian puasa senin kamis beserta hikmahnya kita bisa simak bersama uraian singkat di bawah ini.

Pengertian puasa senin kamis

Sebagaimana nama atau sebutan dari puasa sunah ini, puasa senin kamis merupakan jenis puasa sunah yang dilaksanakan setiap hari senin dan kamis. Dari pengertian puasa senin kamis tersebut tentu banyak diantara kita yang bertanya kenapa puasa pada hari-hari tersebut disunahkan? Hal ini dapat kita jelaskan melalui beberapa hadits yang meriwayatkan bahwa salah satu puasa yang sering dilaksanakan oleh Rasulullah SAW adalah puasa pada hari senin dan kamis. Karena itu pula maka puasa ini dianjurkan untuk diamalkan oleh tiap-tiap muslim. Sebagai umat muslim yang senantiasa berpegangan pada Al-Qur’an dan Sunnah tentu saja sudah sepantasnya kita meneladani contoh-contoh yang diberikan oleh nabi junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Semasa hidupnya Rasulullah melaksanakan puasa tiap hari senin dan hari kamis sebagai ibadah tambahan agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, hal ini dapat dibuktikan dari sebuah hadits riwayat Ibnu Majjah yang berbunyi sebagai berikut:

dalil puasa senin kamis dan himkahnya bagi umat muslim




Artinya: “Dari Abi Hurairah: Bahwasannya Nabi Muhammad SAW sedang berpuasa Senin dan Kamis. Abi Hurairah bertanya:Wahai Rasulullah apakah Engkau berpuasa Senin dan Kamis? Maka Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya pada hari Senin dan Kamis Allah mengampuni dosa setiap muslim kecuali dua orang yang bermusuhan. Maka Allah berfirman: “Tangguhkanlah keduanya hinnga berdamai.” (HR. Ibnu Majjah).
Dari hadits di atas dapat kita ketahui bahwa Nabi junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW seringkali melaksanakan puasa pada hari senin dan kamis. Dari hadits tersebut pula dapat kita ketahui bahwa Allah SWT akan mengampuni dosa seorang muslim pada hari senin dan kamis kecuali dosa orang yang bermusuhan.

Hikmah melaksanakan puasa senin dan kamis

Selain dari segi spiritual ternyata puasa juga memiliki banyak hikmah dalam kehidupan sehari-hari. Adapun hikmah puasa senin kamis dapat kita sampaikan sebagai berikut:

Semakin dekat dengan Allah
Dengan melaksanakan ibadah sunah puasa rutin tiap hari senin dan kamis tentu akan menjadikan seorang muslim merasa lebih dekat dengan Allah SWT. Hal ini dapat kita sampaikan karena ibadah puasa merupakan salah satu ibadah ketaatan dan keikhlasan diri, maka yang mengetahuinya hanyalah dirinya sendiri dan Allah SWT. 

Menumbuhkan Sikap Empati Sosial
salah satu hikmah puasa senin kamis adalah menumbuhkan sikap empati
Dengan melaksanakan puasa seseorang akan merasakan lapar yang memiliki hikmah dapat merasakan kondisi dan posisi sebagai orang lain yang secara taraf kehidupannya lebih miskin. Dengan demikian seseorang akan memiliki sikap empati terhadap seorang fakir miskin. Salah satu keberhasilan melaksanakan ibadah puasa rutin tiap senin dan kamis bisa pula kita lihat dari sikap empati yang kita miliki, apakah kita semakin peduli terhadap penderitaan orang lain maupun tidak. 

Jika seseorang melaksanakan puasa sunah senin kamis secara ikhlas dan loyal tentunya sikap dan perbuatannya dari hari ke hari akan semakin baik dan menarik. Salah satunya sebagaimana yang telah kita sebutkan di atas, ia akan semakin peduli dengan penderitaan orang lain yang tidak seberuntung kita. Dengan hal tersebut maka ibadah seseorang akan meningkat dengan membantu orang lain khususnya bersedekah terhadap fakir miskin dan anak-anak yatim yang membutuhkan baik secara sadar maupun tidak.

Pandai Bersyukur
pengertian-puasa-senin-kamiis-pandai-bersyukur
Syukur nikmat merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan bagi tiap-tiap insan. Begitu pula dengan seseorang yang melaksanakan ibadah puasa. Setelah ia dapat merasakan lapar dan merasa semakin dekat dengan Allah tentu akan menumbuhkan rasa syukur terhadap karunia yang telah Allah SWT limpahkan kepada dirinya. 

Jika tanpa puasa mungkin kita tidak menyadari bahwa rezeki termasuk makanan yang telah kita makan merupakan karunia dari Allah SWT, namun setelah melaksanakan puasa dan memiliki kedekatan dengan Allah lebih-lebih bisa merasakan penderitaan orang lain, secara otomatis kita akan lebih pandai bersyukur dengan keadaan kita.

Sebagai contoh: makan setiap hari merupakan hal pokok bagi manusia, hal ini sepertinya menjadi wajar karena telah terbiasa kita lakukan. Namun jika kita memiliki sifat pandai bersyukur tentu kita akan lebih bersyukur terhadap makanan yang bisa kita makan. Selain hal tersebut kita juga tentu akan lebih berhati-hati dan tidak berlebihan dalam memenuhi kebutuhan makan sehari-hari karena diluar sana masih banyak orang yang kekurangan.

Mencegah Datangnya Penyakit Dan Sarana Diet Alami
Selain ketiga hikmah di atas, salah satu hikmah puasa senin kamis adalah mencegah datangnya penyakit. Jika dari segi kesehatan kita dianjurkan makan 3x sehari namun dalam kenyataannya dewasa ini penyakit obesitas banyak terjadi dikalangan masyarakat. Salah satu penyebab dari timbulnya obesitas adalah karena asupan makanan yang kita konsumsi melebihi ambang batas yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Al hasil bukan sehat yang kita dapat namun justru kelebihan berat badan dan obesitas. Jika dibiarkan lama kelamaan obesitas akan memicu timbulnya penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, radang, gagal jantung, dan lain sebagainya. 

Penyakit seperti tersebut di atas tentu dapat kita cegah dengan beberapa cara dan salah satunya adalah dengan puasa. Dengan melaksanakan puasa secara teratur sebagaimana pengertian puasa senin kamis di atas tentu akan membantu terurainya lemak yang tertimbun di dalam tubuh kita. Hal ini dapat dipahami melalui ilmu kedokteran yang menyebutkan bahwa lemak dalam tubuh dapat terurai dengan berpuasa secara lemak berperan sebagai pengganti asupan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Puasa rutin setiap hari senin dan kamis juga dianjurkan bagi mereka yang ingin melakukan diet secara alami dan aman. Daripada mengkonsumsi obat-obatan yang memiliki efek samping tentu berpuasa merupakan sarana diet alami tanpa efek samping yang buruk.

Mempertajam Kecerdasan Seseorang
salah satu hikmah puasa senin kamis adalah mempertajam kecerdasan seseorang
Meskipun dalam pengertian puasa senin kamis kita dapati merupakan ibadah yang dilaksanakan pada hari senin dan kamis, namun dibalik semua itu banyak orang yang mengakui dan merasakan hikmah puasa senin kamis dalam mempertajam kecerdasan. Secara logika hal tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

Dalam keadaan berpuasa tentu saja asupan makanan dalam tubuh kita berkurang. Hal ini membuat usus beristirahat dalam memproses sari makanan dalam tubuh sehingga darah yang berperan sebagai transportasi sari makanan memiliki beban yang lebih ringan. Karena itu pula darah yang berada di sekeliling otak tidak banyak yang perlu dikerahkan sebagai sarana transportasi sari makanan ke seluruh tubuh. Hasilnya otak dapat bekerja secara maksimal dalam menangkap berbagai pengetahuan dan berkonsentrasi sehingga menjadi hal nyata hikmah puasa senin kamis sebagai sarana mempertajam kecerdasan seseorang.

Demikian penjelasan singkat mengenai puasa sunah senin kamis. Semoga dengan memahami pengertian puasa senin kamis dan hikamahnya bagi seorang muslim tersebut di atas kita dapat termotivasi untuk senantiasa melaksanakan ibadah puasa sunah senin dan kamis.

1 komentar:

  1. ibu/bapa saya ijin copas artikel nya semoga bermanfaat .
    terimakasih.

    BalasHapus

IKLAN DISINI