Home » , , , » Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Dalam Bahasa Arab Beserta Artinya

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Dalam Bahasa Arab Beserta Artinya

bacaan-niat-puasa-senin-kamis-dalam-bahasa-arab-beserta-artinya
Puasa senin kamis merupakan salah satu ibadah puasa sunah bagi setiap muslim. Setelah kemarin kita membahas mengenai pengertian puasa senin kamis dan hikmahnya bagi seorang muslim pada kesempatan kali ini kita akan beranjak lebih jauh untuk belajar bacaan niat puasa senin kamis beserta artinya. Namun sebelumnya perlu kita sampaikan terlebih dahulu bahwa artikel ini jauh dari kesempurnaan, jika terdapat kebenaran dalam penyampaiannya maka kebenaran hanyalah milik Allah semata, namun jika terdapat kekurangan dan kekeliruan maka itu datangnya dari admin yang masih sangat awam akan ilmu agama. 

Memahami Rukun puasa

Rukun puasa merupakan sesuatu yang harus kita penuhi agar puasa tersebut menjadi sah. Adapun rukun dalam puasa terdapat dua yakni niat, dan menjahui serta menahan dari segala sesuatu yang membatalkan puasa. Adapun penjelasanya dapat kita sampaikan sebagai berikut:

1 Niat

Niat merupakan suatu kesengajaan yang ada di dalam diri untuk melakukan seseuatu. Dalam konteks berpuasa niat berarti dengan sadar menyengajakan melakukan ibadah puasa. Jika dalam puasa wajib seperti puasa ramadhan kita ketahui bahwa membaca niat/ berniat merupakan rukun yang wajib dilakukan sebelum terbitnya fajar hal ini berbeda dengan melakukan niat puasa senin kamis. Dimana dalam puasa sunah niat dapat kita lakukan meskipun fajar telah menyingsing.

2 Menjauhi dan menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa

Rukun kedua dari puasa adalah menjauhi dan menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Hal ini tentu saja sangat banyak dan beragam mulai dari menahan lapar, dahaga, serta menahan syahwat yang terdapat dalam diri kita agar terjauh dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Kedua rukun puasa tersebut di atas juga harus kita penuhi jika kita hendak megerjakan puasa senin kamis. Jika memang ibadah tersebut telah kita rencanakan sebelumnya alangkah baiknya kita bermakan sahur dan melakukan niat untuk berpuasa baik pada hari senin maupun pada hari kamis.
Namun jika ibadah puasa senin kamis tersebut kita laksanakan karena suatu ketidak sengajaan misalnya karena tidak adanya sarapan pagi sehingga memberikan inisiatif bagi orang tersebut untuk berpuasa maka niat berpuasa dapat dilakukan setelah ia berinisiatif melaksanakan ibadah puasa tersebut.

Niat puasa senin kamis memang terdapat di dalam hati seseorang. Maka pada hakikatnya ketika seseorang telah dengan sengaja berinisiatif untuk melaksanakan puasa senin kamis maka dapat dikatakan orang tersebut telah berniat. Namun untuk mempertebal dan memantabkan niat kita tidak ada salahnya jika bacaan niat tersebut juga kita lafadzkan dengan lisan kita.

Bacaan niat puasa kamis berupa arab dan artinya

Sebagaimana yang telah kita sampaikan di atas bahwa niat berpuasa sebenarnya ada dan terletak di dalam hati seseorang. Namun sebagai usaha untuk lebih khusuk dalam menjalankan ibadah puasa khususnya dalam melaksanakan puasa sunah senin kamis alangkah baiknya jika bacaan niat puasa senin kamis tersebut kita lafadzkan dengan lisan kita. Di bawah ini merupakan bacaan niat puasa pada hari senin dan kamis beserta artinya.

Niat puasa pada hari senin.


lafadz-arab-bacaan-niat-puasa-senin-kamis



Nawaitu Sauma Yaumal Itsnaii Sunnatan Lillahi Ta’ala
Artinya : Saya niat puasa hari senin, sunah karena Allah ta’ala

Niat puasa pada hari kamis.

lafadz-arab-bacaan-niat-puasa-senin-kamis


Nawaitu Sauma Yaumal Khomiisi Sunnatan Lillahi Ta’ala
Artinya : Saya niat puasa hari kamis, sunah karena Allah ta’ala
Dengan memahami rukun serta bacaan niat puasa senin kamis di atas semoga dapat memotivasi kita dalam menjalankan ibadah puasa sunah senin kamis secara rutin.

0 komentar:

Posting Komentar

IKLAN DISINI