Keutamaan Puasa Senin Kamis Bagi Seorang Muslim

keutamaan-puasa-senin-kamis
Keutamaan puasa senin kamis. Puasa sunah yang dilaksanakan pada tiap hari senin dan kamis memang memiliki keutamaan yang besar bagi tiap-tiap muslim. Sepanjang hidupnya, Rasulullah SAW telah memberikan contoh kepada kita umat islam untuk melaksanakan ibadah sunah puasa senin kamis. Tak heran jika kaum muslim yang senantiasa ingin menambah pahala dan kedekatan kepada Sang Pencipta kerap melaksanakan puasa sunah ini. Namun ada pula yang masih bertanya-tanya apa keutamaan puasa sunah hari senin dan kamis? Bagi Anda yang masih bertanya-tanya sedemikian rupa mungkin coretan mengenai keutamaan melaksanakan ibadah puasa senin dan kamis di bawah ini dapat menghilangkan rasa penasaran dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Dalil puasa senin kamis

Sebagai umat yang senantiasa berpegang pada Al-Qur’an dan As-sunah. Sebagaimana dengan kebanyakan ibadah lain, puasa sunah senin dan kamis juga memiliki dalil yang jelas yakni berupa hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad. Diriwayatkan oleh Ahmad bahwa Rasulullah SAW pernah ditanya mengenai sebab disyariatkannya ibadah puasa senin dan kamis. Kemudian beliau menjawab melalui hadits sebagaimana tertulis di bawah ini: 

Keutamaan Puasa Senin Kamis Bagi Seorang Muslim

Artinya: “Amal-amal kita ditujuka kepada Allah pada setiap hari senin dan kamis, oleh karena itu aku suka ketika amal-amalku ditujukan kepada Allah sedang aku dalam keadaan berpuasa (HR. Ahmad)

Keutamaan puasa senin kamis

Meskipun dari potongan hadits di atas tadi kita ketahui keutamaan puasa sunah senin kamis bagi seorang muslim yang mengerjakannya secara tersirat, namun pada hakikatnya bukan hanya rasa senang dalam mendampingi laporan amal kita kepada Allah SAW pada hari-hari tersebut. Adapun keutamaan lain yang terdapat dalam ibadah puasa sunah senin kamis dapat kita sampaikan sebagai berikut:

Hari dibukanya pintu surga
Adalah Abu Hurairah dan Muslim meriwayatkan sebuah hadits mengenai salah satu keutamaan hari senin dan kamis bagi setiap muslim sebagai berikut.

Keutamaan Puasa Senin Kamis Bagi Seorang Muslim






Artinya: “Pintu-pintu di surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka pada hari itu, akan diampuni setiap hamba yang tidak mempersekutukan Allah dengan sesuatu apapun, kecuali orang yang diantara dirinya dan saudaranya ada permusuhan. Lalu dikatakan: “Lihatlah kedua orang ini hingga mereka berdamai.” (HR. Muslim).

Dengan memahami isi hadits tersebut diatas dapat kita sampaikan bahwa pintu surga dibuka pada tiap hari senin dan kamis. Lebih jauh terhadap keutamaan puasa senin kamis yakni tiap-tipa orang yang berpuasa secara ikhlas karena Allah maka akan diampuni dosa-dosanya. 

Hari Ketika Amal Perbuatan Diperiksa
Rasulullah SAW juga pernah menyampaikan kepada umatnya terkait dari keistimewaan hari senin dan kamis dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi. Beliau Nabi Muhammad SAW menyampaikan bahwa pada tiap-tiap hari senin dan kamis amal perbuatan manusia diperiksa, hal ini pula yang kemudian memotivasi Rasulullah SAW untuk melaksanakan puasa sunah pada hari-hari tersebut. 

hadits Keutamaan Puasa Senin Kamis Bagi Seorang Muslim


Artinya: “Amal-amal diperlihatkan pada hari Senin dan Kamis, maka aku senang diperlihatkan amalku, sedangkan aku sedang berpuasa”. (HR. Tirmidzi).

Dalam hadist lain yang diriwayatkan oleh Muslim menyatakan suatu dialog antara Rasulullah dan Sahabat yang menanyakan perihal alasan beliau mengerjakan puasa senin kamis. Kemudian beliau memberikan jawaban yang artinya kurang lebih sebagai berikut:
“Hari tersebut (senin) merupakan hari aku dilahirkan, dan hari aku diutus atau diturunkannya Al-Qur’an kepadaku pada hari tersebut.” (HR.Muslim)
Selain keutamaan-keutamaan di atas para ulama juga memiliki pendapat bahwa puasa senin kamis dapat mempercepat terpenuhinya sebuah hajad dan terkabulnya doa, membentengi diri dari api neraka dan dapat memberikan pertolongan pada hari akhir. Maka dari itu sudah sewajarnya jika kita sebagai seorang muslim senantiasa berusaha untuk melaksanakan Ibadah puasa sunah mengingat keutamaan puasa senin kamis dan hikmah yang terkandung di dalamnya sangat besar.

0 komentar:

Posting Komentar

IKLAN DISINI