Rukun Puasa Dan Syarat Yang Wajib Kita Penuhi

Rukun Puasa Dan Syarat Yang Wajib Kita Penuhi
Setelah kita memahami mengenai pengertian puasa ramadhan dan sejarahnya, berikut ini akan kita jelaskan syarat dan rukun puasa ramadhan. Hal ini sangat peting bagi kita umat islam agar ibadah puasa kita sah dan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Untuk itu kami persilahkan menyimak uraian di bawah ini.

Pengertian Rukun puasa 

Rukun puasa adalah suatu tindakan/ urutan/ kegiatan yang wajib dikerjakan dalam melaksanakan ibadah puasa guna melaksanakan salah satu pengesahan ibadah tersebut. 

Dari pengertian rukun puasa di atas dapat kita ketahui bahwa rukun dalam puasa merupakan sesuatu yang harus kita kerjakan. Jika rukun tersebut kita tinggalkan maka ibadah puasa kita tidak dapat dianggap sah. Untuk itu wajib bagi kita mengetahui rukun dalam puasa, adapun rukun dalam ibadah puasa terdapat 2 yakni niat dan menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa kita. Lebih jelasnya mengenai kedua rukun tersebut dapat kita simak di bawah ini.

Dua rukun dalam puasa

Sebagaimana yang telah kita singgung di atas, puasa memiliki 2 rukun seperti yang telah kita sampaikan di atas, adapun penjelasannya dapat kita sampaikan sebagai berikut:

1. Niat dalam puasa
Niat merupakan usaha dengan sadar dan sengaja mengerjakan puasa, berbeda dengan puasa sunah dalam konteks puasa ramadhan ini niat wajib kita kerjakan sebelum terbit fajar baik di dalam hati maupun dengan lisan. Adapun bacaan niat dalam puasa ramadhan bisa kita simak pada artikel yang berjudul bacaan niat puasa ramadhan dan artinya.

2. Menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa kita
Upaya menahan diri dari sesuatu yang dapat membatalkan puasa kita juga merupakan salah satu dari rukun puasa baik pada puasa ramadhan maupun pada puasa sunah. Secara logika hal ini tentu tidak serta merta mencakup satu hal saja akan tetapi mencakup banyak hal seperti menahan lapar dan dahaga, menahan nafsu birahi, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui hal-hal yang dapat membatalkan puasa kita bisa simak uraian tentang hal-hal yang dapat membatalkan puasa kita.

Syarat wajib dalam puasa

Rukun Puasa Yang Wajib Kita Penuhi
Setelah kita memahami rukun puasa berikutnya kita akan membahas mengenai syarat wajib puasa, namun sebelum membahas lebih jauh mengenai syarat wajib dalam puasa terlebih dahulu kita ketahui mengenai pengertian syarat puasa. Syarat puasa adalah sesuatu yang wajib kita penuhi sebelum kita melaksanakan atau mengerjakan ibadah puasa. Adapun syarat wajib dalam puasa adalah sebagai berikut:
  1. Beragama Islam.
  2. Telah baligh; 
  3. Berakal Sehat (tidak gila atau mabuk).
  4. Suci dari haid dan nifas.
  5. Muqim (berada di tempat tinggal bukan musafir.
  6. Mampu berpuasa dan tidak udzur.
Dengan memahami rukun puasa dan syarat yang wajib kita laksanakan di atas semoga semakin menyiapkan diri kita dalam menyambut bulan suci ramadhan tahun 2015 ini.

0 komentar:

Posting Komentar

IKLAN DISINI